Cartagena 2: The Pirate’s Nest, Board Game bertema Pirate dan Racing

Kali ini saya ingin mereview board game terbaru saya yaitu Cartagena 2: The Pirate’s Nest. Saya belum pernah memainkan Cartagena sebelumnya (versi pertama), jadi langsung saja saya coba mereview board game ini.

Informasi Umum
Judul: Cartagena 2: The Pirate’s Nest
Publisher: Winning Moves
Rilis Tahun: 2006
Designer: Leo Colovini
Artist: Christoph Clasen
Durasi: 45 Menit
Pemain: 2-5 orang
Umur: 8 tahun ke atas
Kesulitan: 1.57 / 5
Sumber: BoardGameGeek.com

Informasi Board Game

  • Tipe: Keluarga
  • Kategori: Bajak Laut, Balapan
  • Mekanik: Action Point Allowance, Hand Management, Modular Board

Komponen Permainan

  • 5 Tile Peta dengan 7 ikon: kakatua, harta, peti, teleskop, peta harta karun, meriam, kompas
  • 3 Tile Khusus: perahu, sarang bajak laut, bendera bajak laut
  • 105 Kartu: setiap icon berjumlah 15 kartu (15 x 7 = 105 kartu)
  • 30 Figur Bajak Laut: 6 biji untuk setiap warna (6 x 5 = 30 biji)
  • 1 Buku Petunjuk

board-game-review-cartagena2-thepiratesnest-3

Persiapan

  • Setiap peserta memilih warna bajak laut, sisanya kembalikan ke dalam kotak
  • Tile peta diurutkan menjadi 2 bagian besar, pulau besar (3 pulau) dan pulau kecil (2 pulau)
  • Tempatkan perahu di antara pulau, dekatkan di pulau terkecil
  • Para bajak laut berada di dekat starting poin, yaitu di dekat jalan pulau kecil
  • Tile Sarang bajak laut letakkan di akhir jalan di pulau besar
  • Kocok kartu kemudian bagi 7 kartu untuk setiap pemain
  • Sisanya, hadapkan ke bawah dan menjadi stok kartu
  • Setiap pemain harus merahasiakan kartunya dari pemain lainnya

Mulai Permainan

  • Permainan berurutan sesuai dengan arah jarum jam
  • Setiap pemain harus berusaha memindahkan bajak laut secepat mungkin melintasi pulau kecil, kemudian menyeberang ke pulau besar menggunakan perahu, melintasi pulau besar tersebut, lalu tiba di sarang bajak laut

Giliran Bermain
Setiap gilirannya, pemain memilih untuk melakukan 1,2 atau 3 aksi. Setiap aksi dijabarkan sebagai berikut:

  • Menggunakan 1 kartu dan menggerakkan maju bajak laut
  • Memajukan bajak laut pemain lain, dan mengambil 1 kartu atau lebih
  • Menggerakkan perahu

Tindakan ini dapat dilakukan dengan kombinasi apapun. Dalam hal ini, pemain bisa memindahkan bajak laut yang sama beberapa kali atau bajak laut yang berbeda.

#1 – Menggunakan 1 kartu dan menggerakkan maju bajak laut
Pemain bisa memilih salah satu kartu yang ada di tangannya, kemudian buang setelah dipakai. Kemudian pemain memilih bajak laut yang mana (punya dia) yang akan dijalankan maju sesuai dengan icon yang ada di dalam kartu dan masih kosong (tidak ada bajak laut di atasnya). Jika tidak ada ikon kosong antara bajak laut dengan perahu, maka bajak laut langsung ke perahu. Jika tidak ada ikon kosong antara bajak laut dengan Sarang, maka bajak laut langsung ke sarang. Ingat, tidak boleh ada lebih dari 3 bajak laut dengan warna yang sama di atas perahu.

#2 – Memajukan bajak laut pemain lain, dan mengambil 1 kartu atau lebih
Pemain dapat memilih bajak laut lawan (selain bajak lautnya sendiri) untuk dipindahkan ke ruang berikutnya yang berisi 1 atau 2 bajak laut. Jika memindahkan ke ruang yang sudah ada 1 bajak laut, maka pemain mengambil 1 kartu dari stok. Jika memindahkan ke ruang yang sudah ada 2 bajak laut, maka pemain mengambil 2 kartu dari stok. Bajak laut tidak boleh dimajukan ke ruang yang sudah ada 3 bajak lautnya. Bajak laut dapat dimajukan dari posisi awal dia sekarang, atau dari kapal apabila kapal berada di pulau kedua.

Jika tidak ada ruang yang berisi 1 atau 2 bajak laut, antara bajak laut yang dipilih dengan kapal, pemain dapat langsung mengarahkan bajak laut lawan ke kapal dan pemain mendapatkan 2 kartu. Namun, bajak laut hanya bisa dipindahkan ke kapal jika kapal sudah berada di pulau pertama dan tidak mengadung 3 bajak laut dengan warna yang sama. Bajak laut lawan tidak mungkin dipindahkan dari Sarang. Seorang bisa memindahkan terus bajak laut yang sama berkali-kali pada giliran yang sama.

Seorang bajak laut dapat dipindahkan juga ke dalam Sarang. Jika di dalam sarang terdapat 1 bajak laut, maka pemain mengambil 1 kartu. Jika terdapat 2 bajak laut di dalam Sarang, maka pemain mengambil 2 kartu.

#3 – Menggerakkan perahu
Perahu diletakkan di akhir pulau kecil. Untuk menggerakkan perahu dari pulau satu ke pulau lainnya memerlukan biaya sebagai berikut:

  • kita hanya bisa memindahkan perahu dari pulau kecil ke pulau besar apabila bajak laut kita ada di dalam kapal
  • kita hanya bisa memindahkan perahu dari pulau besar ke pulau kecil apabila kita memiliki bajak laut yang masih berada di dalam pulau kecil
  • tidak boleh ada lebih dari 3 bajak laut dengan pemilik yang sama, berada di dalam perahu
  • menggerakkan perahu tidak memerlukan biaya kartu, cukup membayar dengan aksi (kecuali kapten)

board-game-review-cartagena2-thepiratesnest-2

Tentang Kapten
Jika pada giliran kamu, jumlah bajak laut kamu yang paling besar atau masuk dalam grup terbesar (misal ada 2 player yang memiliki jumlah sama banyak), maka kamu bisa disebut sebagai kapten. Sebelum memulai 3 aksimu, kamu bisa memindahkan perahu secara gratis (tanpa dihitung aksi dan tanpa biaya apapun).

Kartu Freebooter
Setiap pemain memulai dengan 7 kartu di tangannya. Namun seperti halnya bajak laut, terlalu banyak tidak pernah cukup. Mereka juga harus waspada dengan bajak laut yang lain! Ketika ada kartu yang garis emas di pinggirnya dimainkan, setiap pemain dengan jumlah kartu lebih dari 7 harus membuang 7 kartu dari tangannya.

Permainan Selesai
Pemain pertama yang bisa menempatkan semua bajak lautnya ke dalam sarang akan menjadi pemenang. Dia harus mengangkat Jolly Roger sebagai aksi terakhir, baru dianggap sebagai pemenang yang sebenarnya.

Penting
Ketika semua bajak laut pemain sudah sampai di dalam sarang, namun 3 aksi telah digunakan, maka ada kemungkinan pemain lain yang menang karena dengan 3 aksi mereka, sudah termasuk dengan mengangkat Jolly Roger.

board-game-review-cartagena2-thepiratesnest-4


PENDAPAT PRIBADI
Board game ini cukup simpel namun seru untuk dimainkan bersama teman-teman. Konsep racing yang dibawa juga bagus. Yang paling seru adalah ketika semua bajak laut sudah sampai di Sarang, namun pemain belum tentu menang karena jumlah aksinya sudah habis. Berikut jumlah ratingnya:

Mekanik Gameplay:

Kualitas Art:

Kalau teman-teman sedang mencari board game yang cukup santai namun seru, dan suka dengan unsur racing bisa mencoba Board Game ini. Recommended, walau sebenarnya saya kurang begitu suka dengan kualitas artnya. Sampai jumpa di review selanjutnya.

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.