Menjadi Ahli dengan Kaidah 10.000 Jam

Pernah membaca bukunya Malcolm Gladwell? Kalau belum jangan khawatir… Karena akan saya bahas di sini salah satu teori terkenal yang dia miliki yaitu kaidah 10.000 jam. Apa itu? Yuk simak!

Penelitian

Malcolm Gladwell telah melakukan penelitian terhadap berbagai orang sukses yang ahli di bidangnya, dan di berbagai bidang. Hasil dari penelitian itu merujuk pada sebuah kesimpulan bahwa orang sukses tersebut minimal telah melakukan, mencoba, berlatih selama minimal 10.000 jam. Makanya disebut kaidah 10.000 jam. 

Kaidah 10000 jam Menjadi Standard

Dalam dunia industri dan dunia skill kaidah ini akhirnya menjadi ukuran. Jika seseorang bisa disebut sebagai ahli kalau sudah melakukan secara berulang-ulang minimal dengan durasi 10.000 jam. Apakah itu menjadi angka pasti? Tidak juga. Karena ada juga yang bisa mencapai keahlian tertentu lebih cepat maupun lebih lambat, tetapi paling tidak ada batasan jelas dari hasil penelitian-penelitian yang dilakukan. 

Penerapan di Dunia Kerja

Di dalam dunia kerja, saya biasanya menerapkan ini untuk karyawan. Di mana, seorang karyawan baru yang masih butuh training harus segera mungkin mencapai 500 jam, 1000 jam kemudian 10.000 jam. Mari kita hitung waktu yang dibutuhkan untuk mencapai jam terbang tersebut dengan asumsi 1 hari bekerja selama 8 jam dan artinya dalam 1 minggu 40 jam.

  • 500 jam = 500 / 40 jam = 12,5 minggu = 3 bulan
  • 1000 jam = 1000 / 40 jam = 25 minggu = 1/2 tahun
  • 10000 jam = 10000 / 40 = 250 minggu = 5 tahun

Karyawan yang sudah menjalani jam terbang 3 bulan maka akan memenuhi kaidah 500 jam. Makanya seringkali di dalam perusahaan masa training adalah 3 bulan. Kemudian untuk disebut sebagai ahli di bidangnya, maka dibutuhkan waktu 5 tahun dengan asumsi bekerja secara normal 8 jam sehari. 

Di sinilah peran passion dan dedikasi. Apabila kita memiliki tim yang dedicated di bidangnya, mereka akan dengan sendirinya memiliki kemauan dan kemampuan untuk belajar lebih dalam dan lebih sering. Mungkin akan tercapai hanya dalam waktu 3 – 4 tahun. 

Penerapan di Industri Kreatif

Hal ini juga berlaku di dunia industri kreatif. Misalnya saja gitaris, kalau mulai belajar pada umur 10 tahun maka akan lebih cepat untuk mencapai 10.000 jam pada umur 15 tahun. Kalau mulai belajar gitar pada umur 13 tahun seperti saya ini, dan sekarang sudah jarang main gitar, tentu keahlian saya akan pudar dan sudah tidak bisa disebut sebagai ahli lagi. 

kaidah 10000 jam

Kaidah 10000 jam dari Malcolm Gladwell ini sangatlah terkenal. Agar menjadi ahli pada suatu bidang, seseorang harus secara konsisten dan kontinye berlatih.

Tips Mencapai 10000 jam

Banyak yang bilang juga ribet dan susah untuk mencapai angka tersebut. Memang sebenarnya yang dibutuhkan adalah konsisten dan kontinuitas. Sebenarnya ga harus terpatok harus 10.000 jam. Cukup lakukan secara kontinyu (berkesinambungan) dan konsisten (rutin) maka skill kita akan terasah dengan baik. 

Contohnya, saya dulu adalah seorang programmer. Tetapi karena saya memimpin perusahaan yang di mana kompleksitasnya semakin tinggi, handle semakin banyak orang dan handle semakin banyak hal-hal berbau manajemen. Mau tidak mau saya harus BELAJAR. Saya disiplinkan diri untuk membaca buku, menerapkan di perusahaan, mengevaluasi dan belajar dari banyak mentor-mentor. Hasilnya, selang 3 tahun saya sudah hapal di luar kepala dan bersyukur bisa membantu memberikan saran dan masukan perusahaan-perusahaan lainnya. 

Secara lebih rinci tools yang bisa dipakai untuk mempercepat kita mencapai 10.000 jam akan saya bahas di postingan-postingan berikutnya. 


Sumber:

Outliers – The Story of Success

 

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *