Pengalaman Pertama Menginjakkan Kaki di USA

Setelah mengikuti program Samsung Developer Warrior yang dimulai pada awal tahun 2017, akhirnya saya mendapatkan kesempatan dan rejeki untuk berangkat ke USA. Ini adalah pengalaman ketiga saya keluar negeri setelah dari Hongkong di tahun 2013 dan Arab Saudi (Umroh) di awal Tahun 2017. Semua biaya ditanggung oleh Samsung Indonesia, asyik bukan?

Keberangkatan
Setelah mengurus Visa US yang ternyata cukup melelahkan, namun seru juga. Hari keberangkatan akhirnya datang juga. Hari Minggu pagi jam 6.30 saya mulai berangkat naik taksi dari Salatiga menuju Bandara Ahmad Yani Semarang. Penerbangan jam 9 pagi via Citilink membawa saya ke Jakarta dan mendarat pukul 10.30 di Terminal 1C. Sembari menunggu pengambilan bagasi, saya juga menunggu 2 orang teman yang datang di jam 12.00 dari Yogyakarta, 1 orang teman dari Malang, 1 orang teman dari Surabaya dan 1 orang teman lagi dari Bali.

Pukul 15.00 semuanya sudah berkumpul dan kamipun bergerak menuju ke Terminal 2D (Penerbangan Internasional). Di awali pertemuan dengan teman-teman yang lainnya dari Jakarta dan Bandung, kami makan sore dahulu di AW Bandara. Sehabis makan, biasa ritual foto-foto kemudian checkin ke Singapore Airlines. Setelah urus bagasi dan checkin selesai, dilanjutkan dengan proses imigrasi yang kesemuanya selesai pada pukul 18.00. Sebelum masuk ke ruang tunggu, kami shalat berjamaah dahulu kemudian baru masuk ke ruang tunggu.

Pukul 19.50 kami boarding ke pesawat Singapore Airlines dan melakukan perjalanan menuju Bandara Changi Singapore. Kira-kira pukul 23.00 kami mendarat di bandara Changi Singapore. Lumayan, bisa menikmati makan malam di bandara ini dan menghirup udara negara Singapura. Menunggu open gate untuk pesawat menuju Los Angeles, pada pukul 01.55. Tiba waktunya, pukul 02.20 kami boarding ke pesawat Singapore Airlines yang akan membawa kami menuju Bandara Incheon, Seoul Korea Selatan.

Total perjalanan di dalam pesawat dari Singapura menuju Korea Selatan kira-kira 6 jam. Kami tiba di Incheon pada pukul 09.30 waktu setempat.. Sempat puyeng juga 6 jam di dalam pesawat, namun seru juga. Transit sebentar, karena pada pukul 10.20 kami harus melakukan boarding kembali untuk perjalanan menuju Los Angeles. Lumayan, bisa menghirup udara negera Korea Selatan 😀

samsung-developer-conference-berangkat

Hari Pertama
Cukup unik, di mana kami berangkat hari Senin pukul 10.20 dari Korea Selatan, sampai di Los Angeles hari Senin pukul 05.30 mundurrrrrrrr… hahaha. Lumayan, 11 jam di pesawat sampai menghabiskan 2x makan besar dan nonton 4 movies di dalam pesawat. Turun dari pesawat seperti biasa, masuk ke imigrasi dan melakukan self assesment Visa US, wawancara sebentar, kemudian pengambilan bagasi. Lumayan, bisa bersih-bersih badan dan ganti baju.

Hari Pertama, dari Bandara kami langsung menuju ke Pantai Santa Monica yang terkenal bagi yang sering main game GTA. Pantai yang bersih… Udaranya cukup sejuk… lumayan bisa jalan-jalan dan menikmati suasana khas Santa Monica. Kesan pertama melihat Los Angeles adalah, kota yang tertata rapi dan bersih sekali… Selesai dari situ, menuju T-Mobile untuk membeli kartu perdana supaya bisa berinternet ria. Lumayan $30 untuk 2 GB. Agenda berikutnya menuju ke Madame Tussauds, seperti biasa foto-foto sama patung dan nonton film 4D sialnya pas rusak mau nonton film 4D. wkwkwkw…

Dari situ, kami menuju ke Citadel untuk berbelanja ria… Karena badan capek dan belum cukup tidur, saya memilih untuk istirahat saja di pojokan ada kursi di bawah pohon rindang… Seger, maklum di LA suhunya antara 33 – 35 derajat.. Jadi sangat panas… Selesai menunggu teman-teman belanja, kami menuju ke Chinese Food kemudian menuju ke hotel Sheraton Gateway LA pada pukul 19.30. Sampailah di kamar hotel, kemudian membuka laptop dan remote ke tim di Salatiga untuk diskusi mengenai perkembangan pekerjaan di Educa Studio.

samsung-developer-conference-makan

Hari Kedua
Hari Kedua, pagi-pagi jam 7.30 kami makan pagi di hotel kemudian naik bus menuju ke San Fransisco. Ternyata perjalanannya cukup panjang. Setelah mampir ke salah satu rest area, jam 12.30 kami tiba di Denny’s Dinner untuk makan siang. Porsi makan siang yang cukup melimpah ruang ditemani segelas besar Lemonade. Lanjut lagi dan jam 16.00 kami sampai di Google Merchandise Store, foto-foto dengan patung-patung serial Android dan berbelanja sedikit. Sayang sekali tidak sempat mampir ke Kantornya Facebook karena hari sudah menjelang gelap.

samsung-developer-conference-google

Pukul 20.30 sampailah kami di San Fransisco kemudian kami mampir di K-ELEMENTS BBQ. K-ELEMENTS BBQ ini adalah salah satu restoran khas Korea dengan menawarkan menu All You Can Eat (banyak makanan gratis) senilai $27.5 namun jika ada sedikitpun makanan yang tersisa, kita harus membayar biaya tambahan sebesar 5% dari harga normal. Kenyang sudah,,, makan masakan khas korea. Pukul 22.00 kami tiba di Stanford Court Hotel, melakukan check in dan bongkar-bongkar barang sampai pukul 24.00 😀

samsung-developer-conference-inti

Hari Ketiga dan Keempat
Hari yang ditunggu-tunggu. Pagi jam 7.30 seperti biasa kami makan di restoran hotel dengan menu Telur, Gandum dan Susu. Pukul 8.30 kami berjalan menuju ke Gedung Moscone West tempat dilangsungkannya acara Samsung Developer Conference 2017. Dengan suhu 9 derajat, ternyata tidak terasa jalan sejauh kurang lebih 2 kilometer. Malah terasa segar dan seperti olahraga. Inti dari acara ini sebenarnya adalah Samsung mengenal teknologi terbaru mereka yaitu Bixby. Detail acara Samsung Developer Conference akan saya bahas lebih detail dalam artikel terpisah.

samsung-developer-conference-golden-gate

Hari Kelima
Tiba di hari terakhir di San Fransisco, jam 9.45 kami checkout dari hotel dan menggunakan bus besar jalan menuju Golden Gate. Jembatan Golden Gate adalah sebuah jembatan gantung di sepanjang Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco. Jembatan ini menghubungkan kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California. Panjang jembatan keseluruhan 2.727 m, jarak antara menara adalah 1.280 m, dan ketinggiannya adalah 230 m di atas permukaan air.

Setelah dari Golden Gate, kami mengunjungi Pier 39 untuk makan siang dan melihat banyak sekali Anjing Laut yang memang dipelihara di Pier 39. Kami juga mengunjungi Pier 15 yaitu Exploratorium, tempat kita bisa belajar banyak hal tentang fisika, alam dan science. Lengkapnya bisa lihat di sini. Selesai dari Pier 15 kami melanjutkan perjalanan menuju Bandara, tetapi sebelumnya mampir dahulu untuk belanja di San Fransisco Premium Outlet. Ohya, hampir lupa sebelum sampai di bandara kami mampir ke restoran Thailand yang berdekatan dengan restoran Borobudur (makanan khas Indonesia).

samsung-developer-conference-pier39

Perjalanan Pulang
Tidak terasa, kami akhirnya harus mengakhiri petualangan di San Fransisco. Pada pukul 00.45 kami bertolak dari San Fransisco menuju ke Hongkong dengan total perjalanan di pesawat adalah 14 jam 20 menit. Transit di Hongkong cukup singkat hanya 30 menit untuk kemudian lanjut lagi perjalanan menuju Bandara Changi Singapore dengan total perjalanan di pesawat 3 jam 40 menit. Sampai di Singapore sekitar pukul 12.00 agak santai karena kami boarding lagi pukul 14.20. Lumayan bisa untuk cari makan dan seperti biasa saya beli buku… hehehe… Dari Singapore perjalanan menuju Bandara Cengkareng, Indonesia dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Pukul 16.00 tepat kami turun di Bandara Cengkaren, Indonesia. Selesai sudah perjalanan ini… Terakhir,,, saya transit ke Terminal 1C untuk pindah ke pesawat Batik Air boarding pukul 19.40 menuju ke Bandara Semarang. Lumayan… dengan sisa-sisa tenaga masih harus naik taksi dari Bandara dan sampai di rumah Salatiga pukul 22.00 🙂

TERAKHIR, TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA SAMSUNG INDONESIA YANG AKHIRNYA MEWUJUDKAN KEINGINAN SAYA UNTUK PERTAMA KALINYA MENGINJAKKAN KAKI DI NEGERI PAMAN SAM!

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating