Cara Optimasi Ukuran File APK di Engine Cocos2d-x

Ukuran file APK menjadi penting, terutama untuk target user yang berada di negara yang kuota internet masih cenderung lambat dan mahal. Berikut beberapa tipsnya, semoga bermanfaat.

Bagi developer game yang menggunakan engine Cocos2d-x sebagai engine utama dalam mendevelop game-nya, bisa menggunakan beberapa opsi berikut untuk meminimalkan ukuran file APK hasil build:

  1. Pindah asset game (gambar dan audio) ke SD CARD
  2. Aktifkan APP_OPTIM di dalam Android.mk di versi Release
  3. Gunakan static library untuk library cocos
  4. Matikan fitur-fitur yang tidak terpakai di dalam cocos

PINDAH ASSET GAME ke SD CARD
# Di androidmanifest.xml kita bisa melakukan set, apk bisa dipindah ke SD Card
# User bisa memindahkan apk ke SD Card sehingga menghemat memory user

AKTIFKAN APP_OPTIM DI ANDROID.MK
# Dengan panambahan opsi ini, ukuran file apk kita akan mengecil antara 0.2 – 0.3 Mb
# Berlaku juga di mode Debug, tidak harus di mode Release

GUNAKAN STATIC LIBRARY
# hapus ‘cocos2d’ dan modul-modul lainnya yang akan dibuat static dari Application.mk
# di dalam Android.mk, tambahkan LOCAL_STATIC_LIBRARIES := libcocos2d (sebelum include \$(BUILD_SHARED_LIBRARY))
# ganti \$(BUILD_SHARED_LIBRARY) menjadi \$(BUILD_STATIC_LIBRARY)

MATIKAN FITUR YANG TIDAK TERPAKAI
# Cari file ccConfig di dalam library cocos
# set nilai 1 untuk mengaktifkan fitur, dan 0 untuk mematikan fitur
# hati-hati! dengan menonaktifkan fitur, game yg kamu buat bisa-bisa jadi error

Semoga bermanfaat ya… Selamat mencoba!

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *