[Review Buku] Other Stream of Income

Libur lebaran, menyempatkan kembali untuk ke toko buku dan belanja buku. Investasi leher ke atas, bagaimanapun belajar adalah untuk selamanya. Sekaligus, akhirnya bisa menulis kembali, review buku yang sempat tertunda lama. Semoga setelah ini bisa kembali konsisten. Kali ini saya telah selesai membaca buku berjudul “Other Stream of Income” yang ditulis oleh Ryan Filbert dan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Sebelumnya, saya tertarik dengan subjudul yang ada pada buku ini yaitu “Menciptakan arus penghasilan dari bisnis dan kekayaan intelektual”. Menarik, karena sudah 7 tahun saya menjalankan bisnis di bidang kreatif sebut saja Educa Studio namanya. Kekayaan intelektual atau IP merupakan sesuatu yang menarik bagi saya. Dan sering kali banyak pertanyaan buat apa sih membuat sebuah IP? Bagaimana mendapatkan penghasilan dari IP? Buku ini cukup menjawab tapi coba yuk kita mulai reviewnya.

DARI SEGI LAYOUT DAN TATA BAHASA
Buku ini cukup ringan, cocok dibaca oleh siapa saja. Walau terdapat beberapa istilah khas investasi tetapi saya rasa tidak masalah. Layout terasa halus, dengan dominasi warna hijau dan beberapa sentuhan yang membuat mata tidak bosan. Jarak paragraph juga oke, kesan ketika membaca saya betah. Buku hanya saya tutup sebanyak 2 kali. Tata bahasa yang digunakan juga enak.

ISI BUKU
Buku ini membahas dari mulai jenis “Stream of Income” itu sendiri, kemudian ada studi kasus dari transformasi startup PAYTREN, dilanjutkan mengenai konsep Royalti, Bagaimana membuat stream of income kita sendiri, sampai pada contoh akselerasi, diversifikasi dan proteksi. Sebenarnya, bagi saya buku ini masih kurang mendalam membahas tentang bagian yang saya tunggu yaitu Kekayaan Intelektual. Namun, apabila masih tahap dasar buku ini sudah cukup untuk membuka wawasan kita tentang pentingnya mindset baru dalam membangun “stream of income”. Sayangnya, bagi saya ini kurang mendalam terutama di bagian bab akselerasi, diversifikasi dan proteksi. Harapannya di buku-buku selanjutnya ini bisa dibahas lebih detail dan mendalam lagi.

KESIMPULAN SAYA
Intinya adalah kita punya 2 jalur pendapatan yaitu Main Income dan Other Income. Main Income contohnya adalah gaji atau pendapatan dari bisnis kita. Sedangkan Other Income adalah pendapatan yang diluar Main Income tanpa kita harus aktif di dalamnya. Salah satu Other Income adalah Royalti. Bisa dari royalti menulis buku, royalti membuat lagu dan lain-lain. Di sinilah letak Kekayaan Intelektual yang bisa kita bangun dalam jangka panjang.

Apabila sudah ada Other Income, pastikan income tersebut meningkat tanpa harus kita mengeluarkan effort yang berlebih. Kemudian ingat, untuk melakukan akselerasi atau percepatan, diversifikasi atau lini produk yang berbeda dan proteksi untuk menjamin masa depan income tersebut. Lebih lengkapnya bagaimana? Beli saja bukunya hehehe.. atau pinjam saya juga boleh…

INFORMASI UMUM
Jumlah Halaman : 200
Tanggal Terbit : 30 April 2018
ISBN : 9786020458939
Penerbit : Elex Media Komputindo
Berat : 0.3 kg
Lebar : 15 cm
Panjang : 23 cm

DESKRIPSI DARI PENERBIT
Di dunia ini, ada tiga golongan manusia berdasarkan tata kelola uangnya: Golongan Kelewat Lancar, Golongan Kelihatan Kaya, Golongan Emang Kaya. Kita bisa jadi apa saja, tetapi alangkah baik jika kita menjadi golongan yang ketiga di mana pendapatan kita berasal dari aset yang kita miliki. Namun, pertanyaannya bagaimana caranya mewujudkan hal tersebut?

Buku ini menjadi jawaban bagi Anda yang ingin bangkit dan menjadi Golongan Emang Kaya dengan menciptakan aliran pendapat yang lain. Ada banyak opsi strategi yang ditawarkan dari mulai menjual produk dan jasa orang lain, membuat produk dan jasa sendiri, dan membangun kekayaan intelektual. Anda bisa memanfaatkan profit usaha hingga royalti.

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *