Membangun Kebiasaan Positif

Kita bisa karena terbiasa, kita mahir karena terbiasa. Kalau kita mengasah sesuatu yang positif, maka kemahiran kita atau kebiasaan kita juga akan positif, berlaku juga sebaliknya. Flashback, beberapa waktu yang lalu saya iseng-iseng meminta kepada diri saya sendiri untuk disiplin dalam melakukan sesuatu. Yang sederhana saja adalah Olahraga. Dengan kebiasaan bekerja dengan posisi duduk, tentu Olahraga menjadi hal yang sangat penting. Namun, membiasakannya sangatlah susah. Tetapi ada hal yang menarik, begitu kita sudah terbiasa dan benar-benar bisa melawan diri sendiri, efeknya sungguh luar biasa.

Hari ini saya akan membahas tentang kebiasaan positif. Dengan mendisiplinkan diri kita untuk melakukan hal-hal yang positif, maka secara tidak langsung kita telah membuat program yang nantinya akan mengatur alam bawah sadar kita untuk melakukan dan berpikir tentang hal-hal yang positif. Membangun kebiasaan positif bukanlah sesuatu yang rumit, mewah bahkan mahal. Namun, membangun kebiasaan positif bisa melalui hal-hal yang sederhana yang biasa kita temui sehari-hari.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membangun kebiasaan positif:
1. TIDUR 8 JAM SEHARI
Bagi sebagian orang, tidur 8 jam sehari adalah hal yang sulit. Mungkin biasanya lebih, bisa juga sangat kurang. Sebagai CEO sebuah perusahaan teknologi, saya memiliki jam tidur yang cukup kacau. Awal-awal membangun Educa Studio, tidur 3-4 jam sehari sudah menjadi kebiasaan. Namun, efeknya baru saya rasakan 3-4 tahun setelahnya. Sekarang, saya mencoba untuk tetap bagaimanapun tidur 8 jam sehari. Atau minimal 6,5 jam sehari.

Tidur terlalu berlebihan juga tidaklah bagus, Anda bisa menyia-nyiakan waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk mengisi kegiatan yang lebih positif. Bagi rekan muslim, idealnya tidur jam 9 malam, supaya bisa bangun di jam 3 atau 4 pagi untuk Shalat Tahajjud diikuti Shalat Subuh.

2. MAKAN MAKANAN YANG SEHAT
Apa yang kita makan sehari-hari akan menentukan kesehatan kita di masa depan. Mungkin setelah tua barulah kita merasakan efeknya entah itu diabetes, jantung, kolesterol dan lain sebagainya. Dengan kesibukan manusia yang semakin padat, biasanya makanan instan menjadi solusi. Namun hati-hatilah, makanan instan pasti akan memberikan dampak yang cukup signifikan. Mie Instan? Yah kita sama-sama tahu seperti apa enaknya, murahnya dan efeknya 😀

Makan makanan yang sehat tidak harus selalu mahal. Kalau mau masak sendiri, Rp 10 ribu bisa digunakan untuk menggoreng tahu dan tempe, ditambah sambal dan sayur sop. Tambahkan Rp 5 ribu untuk susu yang bisa dibeli di tukang keliling susu harian. Rp 15 ribu kita sudah bisa makan dengan sehat dan alami.

3. MINUM YANG CUKUP
Minum 8 gelas sehari. Sering mendengarnya kan? Tapi coba diimplementasikan dengan baik. Minum yang cukup akan mengatur suhu tubuh, tentu juga akan bermanfaat bagi peredaran darah di tubuh kita. So, jangan ada alasan apapun. Minimal 8 gelas sehari 🙂

4. OLAHRAGA
Olahraga, nah ini hal yang memang bagi saya juga sulit untuk dilakukan. Tetapi kalau kita menjadikannya sebagai kebiasaan, kita bisa terhindar dari pegal-pegal tidak menentu apalagi kalau kita kerjanya duduk. Disiplinkan diri kita sendiri untuk berolahraga minimal 15 menit setiap pagi.

5. MEMBACA BUKU
Membaca buku bisa menjadi kebiasaan positif apabila kita memiliki waktu luang yang cukup. Ada kegiatan lain yang bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, misalnya saja menonton TV atau hangout. Namun, membaca buku bisa menjadi me-time yang cukup efektif dan positif.

6. MENYELESAIKAN PEKERJAAN TANPA MENUNDA
Jangan pernah menunda sesuatu, semakin ditunda maka akan semakin menumpuk. Biasakan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan jangan pernah ada kepikiran untuk menunda. Ketika sudah menjadi kebiasaan, kamu akan melihat perubahan yang cukup banyak di dalam diri kamu.

7. BANYAK LAGI LAINNYA
Tentu masih banyak lagi kebiasaan positif yang bisa kita bangun, misalnya saja di kehidupan sehari-hari adalah membiasakan minum air putih daripada air manis dengan gula biasa, membiasakan untuk tidur dan bangun tepat waktu, membiasakan untuk mencatat atau merencanakan sesuatu sebelum belanja dan masih banyak lagi lainnya.

Yang utama, dalam membangun kebiasaan positif kita juga jangan sampai menjadi stress sendiri karena terlalu banyak rule dalam kehidupan kita. Jalani dengan enjoy saja, dan tumbuh setiap hari itu lebih baik.

Sumber Gambar:
https://i.ytimg.com/vi/McVQ-ssbib8/maxresdefault.jpg

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *