Teamwork Makes The Dream Work, Must Read!

Buku Teamwork Makes The Dream Work sudah selesai saya baca. Salah satu karya dari John C. Maxwell ini memiliki size yang cukup mungil dan total hanya sekitar 120 Halaman. Mudah di bawa ke mana-mana dan ringan di baca. Cocok untuk semua pemimpin dan anggota tim di seluruh dunia.

Kita semua anggota tim. Kita dan istri kita, merupakan tim rumah tangga. Kita di kantor sebagai pemilik perusahaaan, merupakan 1 tim dengan anggota perusahaan. Kita bekerja di perusahaan tertentu, juga tentu merupakan bagian dari tim. Kita mengajar di kampus, merupakan 1 tim dengan dosen-dosen yang lain. Tim, memiliki visi yang sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Semakin tinggi kepemimpinan seseorang, kebutuhan akan kerja sama tim pun semakin besar. Dalam buku ini, John C. Maxwell menjelaskan bagaimana cara membentuk tim yang hebat dan memampukan tim untuk meraih hal-hal luar biasa. Tidak ada pekerjaan yang terlalu berat, tidak ada pencapaian yang terlalu hebat, dan tidak ada impian yang tak terjangkau bagi sebuah tim.

review-buku-teamwork-makes-the-dream-work

“Masalahnya bukanlah seberapa berat beban kita, tetapi bagaimana kita membawanya”. John C. Maxwell. Yang menarik, ada 4 kunci untuk mendapatkan kesuksesan tim:
#1 Personel menentukan Potensi tim
#2 Visi menentukan Arah tim
#3 Etos Kerja menentukan Kesiapan tim
#4 Kepemimpinan menentukan Kesuksesan tim

Dari 4 kunci di atas, saya coba jabarkan dan implementasi di perusahaan saya sendiri EDUCA STUDIO. Kira-kira begini. Personel: Setiap anggota yang berada di dalam tim (katakanlah dalam sebuah perusahaan startup kecil yang sedang bertumbuh), akan menentukan pertumbuhan yang signifikan. Maka, carilah anggota tim atau personel yang memiliki visi yang sama. Tidak hanya skill mumpuni saja yang dibutuhkan, tetapi attitude dan kemauan belajar keras juga diperlukan. Setiap anggota personel, menjadi bagian yang penting dalam sebuah perusahaan.

Visi: dengan visi yang jelas, maka setiap anggota tim akan tahu ke mana harus melangkah dan bisa berkreasi liar namun tetap pada tujuan yang sama. Visi yang harus dijabarkan oleh pemimpin tim secara jelas, terperinci, dapat diukur, dapat dicapai dan realistis. Visi yang terlalu muluk-muluk juga bisa menimbulkan demotivasi. Namun, visi yang tinggi dan dapat dicapai merupakan visi yang baik dari visioner.

Etos Kerja: tim akan mencapai hasil yang ditetap jika setiap anggota tim memiliki etos kerja yang tinggi. Dengan etos kerja, setiap anggota tim akan menaikkan skillnya sendiri dan melakukan apapun demi tercapainya tujuan tim. Carilah anggota tim yang memiliki etos kerja yang tinggi.

Kepimimpinan: Nah ini termasuk salah satu kunci keberhasilan tim. Anggota tim yang memiliki kemampuan berbeda-beda, kondisi yang berbeda-beda, bisa disatukan dengan kepemimpinan yang baik. Kepemimpinan memegang peran yang cukup vital, di mana seorang pemimpin harus sadar kemampuan setiap tim, sabar terhadap keputusan anggota tim, dan jauhi sikap menyalahkan anggota tim. Apapun yang terjadi, apabila terjadi kesalahan maka pemimpinlah yang bertanggung jawab.

Sekian review saya, semoga bermanfaat bagi kita yang sedang membangun tim, berada di dalam tim atau sedang memimpin sebuah tim. Itulah mengapa buku ini saya masukkan sebagai kategori must read. Happy Holiday kawan-kawan!

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *